Friday, January 11, 2013

Did you know? | Orbit Tak Lazim, Planet 'Zombie' Bangkit Lagi

You can start building your referral downline right now and earn real cash from day one! Click on 'Sign Up' to get your unique referral link and get free $10.00 for 'Sign Up'!!


Did you know? | Berkeley-Planet ini pernah disangka mati kini hidup kembali. Orbitnya sangat tidak lazim.

Fomalhaut B namanya. Pertama kali terlihat pada 2008 melalui Advanced Camera for Surveys yang terpasang pada Teleskop Antariksa Hubble.

Planet mengorbit pada bintang berselimut kabut bernama Fomalhaut yang berada 25 tahun cahaya di rasi Piscis Austrinus. Penemuan tersebut menghebohkan karena juga tercatat sebagai planet ekstrasolar pertama yang dipotret pada cahaya tampak.

Namun umurnya amat singkat. Pada awal 2012, astronom mengubur Fomalhaut B karena dianggap tak pernah hadir di dunia.

Kamera inframerah milik Teleskop Antariksa Spitzer gagal menangkap kehadiran planet ini. Foto empat tahun sebelumnya dianggap hanya awan debu raksasa di sekitar bintang.

Foto terbaru dari Hubble Space Telescope kembali membangkitkan Fomalhaut B. Planet raksasa dengan massa 3 kali lebih besar dari Jupiter tampak melayang di antara kabut pada foto tersebut. Nama "zombie" pun disematkan untuk planet ini.

Foto Hubble juga menyingkap fakta lain: kabut yang mengelilingi bintang induk lebih besar dari yang terlihat sebelumnya. Pengamatan menunjukkan kabut membentang antara 23-32 miliar kilometer.

Lebih mengejutkan lagi, Fomalhaut b berputar sambil menembus kabut tebal ini. Jarak terdekat Fomalhaut b dengan bintang induk adalah 7,4 miliar kilometer dan berada 43,4 miliar kilometer pada saat terjauh. Jika digambarkan di langit, pergerakannya berbentuk elips. Sekali mengelilingi bintang induk, Fomalhaut b membutuhkan waktu 2 ribu tahun.
Sumber: space.com
editor: kompas

0 komentar:

Komentari,,,