Wednesday, October 31, 2012

Did you know? | Ditemukan, Kadal Ini Sudah Terancam Punah

You can start building your referral downline right now and earn real cash from day one! Click on 'Sign Up' to get your unique referral link and get free $10.00 for 'Sign Up'!!

Australia National UniversityCtenotus ora

Did you know? — Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Zootaxa, Senin (29/10), sejumlah ilmuwan mengumumkan penemuan spesies kadal baru di sekitar kawasan Perth, Australia Barat. Sayangnya, saat ditemukan, kadal ini justru tengah berupaya untuk bertahan dari kepunahan.


Para ilmuwan yang tengah meneliti kawasan selatan Perth untuk memastikan diversifikasi biologi di sana khawatir bahwa kepunahan kadal dataran pesisir (Ctenotus ora) itu hanya tinggal menunggu waktu. Pasalnya, perluasan kawasan kota sudah semakin mendekat ke habitat kadal sepanjang enam sentimeter tersebut.

Walau demikian, kedua peneliti mengungkapkan, kini ada ancaman yang sangat besar menghadang reptil yang bersangkutan.

Padahal, kawasan gurun pasir yang menjadi rumah bagi kadal berwarna coklat dan putih itu kini terus-menerus dikonversi menjadi beton.

Kawasan barat daya Australia sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu dari 25 kawasan utama di dunia yang memiliki biodiversitas yang sangat luas di dunia. Sama seperti kawasan Madagaskar, hutan tropis di Afrika Barat, dan Cerrado di Brasil.


Sumber: National Geographic
Editor: Kompas

0 komentar:

Komentari,,,